Jumat, 25 Maret 2011

Aduh lagi-lagi tugas... kali ini saya akan membahas tentang tulisan yang bertemakan Manusia dan Penderitaan nih. Temanya pas sekali dengan saya yang lagi menderita kti biasarena banyaknya tugas.. hehehe... Yaudah seperti biasanya sebelum kita bahas tentang hubungan Manusia dengan Penderitaan, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang penderitaan. Wah setelah saya berpetualang di google, ternyata kebanyakan orang berpendapat bahwa penderitaan yaitu menanggung dan merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Saya setuju dengan pendapat itu. Tapi jika menurut saya penderitaan itu dapat di artikan sebagai suatu keadaan yang dapat dikatakan menyedihkan serta menyakitkan yang harus ditanggung dan dirasakan oleh suatu makhluk hidup. 


Setiap makhluk hidup terutama manusia pasti akan dan pernah merasakan suatu penderitaan. Itu karena merupakan resiko yang di takdirkan oleh Allah SWT dalam menjalani hidup ini. Karena Allah tidak akan selalu memberikan Kesenangan dan Kenikmatan kepada makhluk ciptaannya. tetapi pasti Dia juga akan memberikan Penderitaan dan Kesedihan untuk dapat menyeimbangkan keduanya. Hal ini bertujuan agar manusia dapat sadar dan selalu ingat terhadap hari akhir nanti. 

Kita sebagai manusia tidak boleh berfikir bahwa penderitaan sebagai sesuatu hal yang buruk. Allah SWT memberikan penderitaan dan kesedihan sebagai ujian yang diberikanNya agar kita dapat mengetahui apakah kita golongan orang-orang yang beriman atau sebaliknya. Allah berfirman dalam  QS Adz dzariyat ayat 56 yang berbunyi "Aku tidak akan menciptakan manusia dan jin selain hanya untuk menyembahku.." Jadi kita sebagai manusia yang beriman hendaklah selalu menjalani segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya.

Kebanyakan manusia sekarang ini menanggapi suatu penderitaan sebagai sesuatu yang tidak akan dapat dicari jalan keluarnya dan mereka melakukan hal-hal yang bodoh seperti kecewa yang berlebihan, putus asa, tidak ada semangat hidup dan akhirnya bunuh diri. Janganlah melakukan hal-hal seperti itu, karena Allah SWT sangat membenci kelakuan tersebut. Sebaiknya saat kita diberikan penderitaan, maka hendaklah kita menyikapinya dengan pikiran yang positif. Kita harus berfikir bahwa di setiap penderitaan pasti ada kebahagiaan. Sebab Allah SWt tidak akan memberikan cobaan kepada suatu kaum jika kaum itu tidak bisa menjalaninya.Sebagai manusia yang diberikan akal pikiran, kita harus berfikir positif dengan semua masalah yang kita hadapi, dan tetap optimis dalam menjalani hidup ini agar kedepannya lebih baik lagi. Penderitaan yang sebelumnya dihadapi harus dijadikan hal yang dapat memotivasi hidup kita dan jadikan sebagai pelajaran yang berharga dalam hidup ini agar kita tidak akan pernah mengalami penderitaan yang sama di kemudian hari. 
Jadi intinya kita harus percaya bahwa disetiap musibah ataupun penderitaan pasti ada hikmat dibalik semua itu. Itu tanda sayangNya kepada kita. Karena Dia pasti telah menyiapkan sesuatu yang lebih baik di kemudian hari.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar