Senin, 21 Maret 2011

Sebelum kita berbicara tentang hubungan Manusia dan Keindahan. Seperti biasanya kita harus mengetahui terlebih dahulu pengertian dari keindahan itu sendiri. Banyak pengertian dari keindahan yang dapat anda cari di internet. Tapi saya tidak akan menceritakan satu persatu pendapat tentang keindahan itu. Menurut saya Keindahan merupakan segala sesuatu yang indah yaitu dimana sesuatu itu membuat kita nyaman dan senang jika kita memandangnya.  Keindahan itu merupakan sesuatu yang abstrak. Keindahan baru dapat kita rasakan jika dihubungkan dengan sesuatu yang berwujud.


Manusia, yaitu kita semua saat ini maupun yang ada sebelum kita dan yang akan ada nantinya merupakan bentuk terindah dari penjelmaan seni dari Allah SWT. Sesuai dengan bunyi firmannya yaitu "Sungguh Kami telah ciptakan manusia didalam seindah-indahnya bentuk.  Allah SWT telah memberikan Akal pikiran, Hati dan Nafsu saat manusia itu diciptakan. Dengan akal pikiran manusia berusaha menciptakan sesuatu yang terlihat indah. contohnya yaitu perempuan yang sedang berdandan, gedung-gedung yang terlihat indah, lukisan yang indah. Semua itu merupakan hasil karya manusia yang tidak lepas dari keinginan manusia yang ingin dilihat indah. Dengan Hatilah manusia dapat menilai segala sesuatu itu terlihat indah. contohnya ketika seseorang yang sedang berlibur kepegunungan, pantai dan hutan dan dia melihat sekelilingnya yang begitu membuat perasaannya nyaman, senang dan selalu ingin melihatnya. Itulah kekaguman manusia akan karya Sang Pencipta. Dan dengan Nafsulah manusia akan mencoba membuat karya yang lebih indah lagi dari karya-karya seni sebelumnya. contohnya saat manusia melihat sesuatu yang indah dari hasil karya orang lain, dan dia ingin mencoba membuat sesusatu yang lebih indah lagi dari karya orang lain tersebut. Itu merupakan hubungan manusia dengan keindahan.

Tetapi banyak manusia saat ini yang tidak menyadari akan pentingnya arti keindahan. Banyak oknum-oknum tertentu yang tidak peduli akan keindahan. Misalnya saja, la kita lihat dinegeri kita tercinta ini. padahal Allah telah memberikan sesuatu yang sangat indah , yang mungkin manusia tidak dapat mebuatnya. tetapi apa yang telah manusia lakukan. Manusia membuang sampah sembarangan yang membuat segala sesuatu menjadi tercemar , kotor dan telihat tidak indah. Banyak manusia yang menebang hutan sembarangan yang menyebabkan hutan menjadi gundul dan terlihat tidak indah, Banyak didirikan pabrik dan membuang hasil limbahnya langsung ke sungai ataupun kelaut yang membuat air menjadi tercemar, kotor dan terlihat tiak indah. Masih banyak lagi contoh lainnya.

Kita sebagai manusia yang diberikan akal pikiran harusnya dapat menilai apakah perbuatan yang kita lakukan itu bermanfaat bagi lingkungan dan alam sekitar atau malah akan membuatnya terlihat tidak enak untuk dipandang. Allah SWT itu indah dan menyukai segala sesuatu yang indah pula, tetapi kenapa kita sebagai makhluk ciptaan tidak dapat menjaga keindahan itu. Keindahan telah diberikan Allah kepada setiap umatnya. Oleh karena itu jaga dan rawatlah apapun yang kita miliki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar