Rabu, 13 Oktober 2010


Hai teman-teman berjumpa lagi dengan saya, Mawan eko. . .

Sekarang saya ingin membahas tentang “Pertumbuhan Penduduk” nih, ngomong-ngomong tentang pertumbuhan penduduk, kalian sudah tahu belum arti pertumbuhan penduduk itu sendiri. . .??

Penduduk merupakan orang-orang yang berada di dalam suatu wilayah yang terikat oleh aturan-aturan yang berlaku dan saling berinteraksi satu sama lain secara terus menerus . Sedangkan pertumbuhan merupakan perubahan jumlah besar, ukuran individu. Jadi Pertumbuhan Penduduk adalah perubahan jumlah individu dalam sebuah populasi yang berada dalam suatu wilayah pada kurun waktu tertentu.

Pada jaman yang sudah maju ini, pertumbuhan penduduk menjadi masalah yang sangat serius bagi semua kalangan terutama pada Ibukota Negara kita, DKI Jakarta. Kita lihat, sekarang pertumbuhan penduduk di Jakarta sudah tidak dapat diperkirakan lagi. Hal ini dikarenakan pemusatan lokasi kegiatan perekonomian dan pemerintahan untuk kawasan Jabodetabek berada di Jakarta sebagai kota terbesar diIndonesia. Pada dasarnya ada beberapa hal yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk, yaitu :
a) Kelahiran
Adanya bayi yang lahir berarti terjadi penambahan penduduk. Oleh karena itu, jumlah kelahiran merupakan petunjuk pertambahan jumlah penduduk. Semakin banyak bayi yang lahir berarti semakin cepat pertumbuhan jumlah penduduk. (pasti masih banyak orang nih yang percaya sama kata-kata “Banyak anak Banyak rejeki”)
b) Kematian
Kematian merupakan penyebeb utama berrkurangnya pertumbuhan penduduk. Jika banyak yang tingkat kematian, berarti banyak juga pengurangan jumlah penduduk. ( tetapi saya tidak mendoakan loh agar banyak peduduk yang meninggal,, heehe)
c) Migrasi
Perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat lain akan memengaruhi jumlah penduduk. Jika banyak penduduk yang datang, maka pertumbuhan penduduk akan bertambah. Kejadian ini banyak dialami kota-kota besar, seperti Jakarta. Karena banyak penduduk dari daerah pindah ke Jakarta, maka Jakarta menjadi sangat padat. (Mendingan cari kota lain deh,, karena dah gak ada Lagi Lahan di Jakarta untuk di jadikan tempat tinggal)

Setelah mengetahui hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk di atas. Pasti kalian ingin tahu kan kenapa peningkatan pertumbuhan penduduk menjadi masalah yang sering di permasalahkan terutama di Jakarta. Nah berikut merupakan dampak yang mungkin terjadi karena pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali :
a) Kepadatan Penduduk
Inilah masalah utama yang terjadi di kota-kota besar. Dari kepadatan penduduk sendiri aja masih banyak dampak buruknya seperti kemacetan, banjir , kuranganya alat transportasi umum yang memadai. (wah.. wah.. mau jadi apa yaa kota Jakarta beberapa tahun kedepan)
b) Kurangnya Lapangan Kerja
Yaa iyalah,, jumlah Lapangan pekerjaan tidak sebanding dengan sumber daya manusia yang semakin banyak. Hal ini juga dapat menyebabkan pengangguran, kriminalitas, kemiskinan, dll. (Duh mudah-mudahan ntar saya dapat pekerjaan)
c) Meningkatnya Tingkat Kriminalitas
Hal ini bisa terjadi karena adanya dorongan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Contoh kriminalitas yaitu pencurian, pencopetan, perampokan, dll. (Jadi takut hidup di jaman yang serba sulit nie, makanya hati-hati yaa kalo pergi kemana-mana, apalagi kalo sendirian)
d) Sebenernya sih masih banyak lagi, tapi kalian pikir sendiri yaa…!!! Cape saya mikirnya,, hehe,,

Itulah beberapa dampak yang terjadi jika pertumbuhan penduduk semakin meningkat. Ini merupakan tugas pemerintah untuk menanggulangi dampak dari permasalahan tersebut. Tapi untuk menciptakan suatu kota ideal di butuhkan bantuan dari semua masyrakat dan lembaga-lembaga yang terkait. Ada beberapa cara untuk menekan pesatnya pertumbuhan penduduk, yaitu :
*) Menggalakan Program Keluarga Berencana (KB)
Untuk membatasi jumlah ank dalam suatu keluarga, sehingga akan mengurangi jumlah angka kelahiran.
*) Menunda Masa Perkawinan
Hal ini dilakukan untuk mengurangi jumlah angka kelahiran yang tinggi.

Tapi selain cara untuk menekan pertumbuhan penduduk, kita juga dapat mengimbangi pertumbuhan penduduk, yaitu dengan :
*) Penambahan dan Penciptaan Lapangan Kerja
Dengan meningkatnya taraf hidup masyarakat maka diharapkan hilangnya kepercayaan “Banyak anak Banyak rejeki”. Di samping itu pula diharapkan akan meningkatkan tingkat pendidikan yang akan merubah pola pikir dalam bidang kependudukan.
*) Meningkatkan Kesadaran dan Pendidikan Kependudukan
Dengan semakin sadar akan dampak dan efek dari laju pertumbuhan yang tidak terkontrol, maka diharapkan masyarakat umum secara sukarela turut mensukseskan gerakan program keluarga berencana.
*) Mengurangi Kepadatan Penduduk Dengan Program Tranmigrasi
Dengan menyebar penduduk pada daerah-daerah yang memiliki kepadatan penduduk rendah diharapkan mampu menekan laju pengangguran akibat tidak sepadan antara jumlah penduduk dengan jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia.

Mungkin hanya segini hal yang dapat saya berikan tentang pertumbuhan penduduk. Mohon maaf jika tulisan ini memiliki kekurangan seperti halnya saya. Karena kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT. Saya mengharapkan kritik dan saran dari teman-teman, semoga saya kedepannya lbih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar