Kamis, 21 Oktober 2010


Pada zaman yang semakin berkembang ini. Kehidupan sudah semakin mudah dan instan. Kebanyakan seseorang akan sibuk dengan urusan mereka masing-masing. Saat kesibukan mulai meyelimuti, pasti mereka jarang meluangkan waktu sejenak bersama keluarga. Padahal keluargalah yang akan selalu ada untuk kita. Tapi sebelum bicara yang lebih mendalam tentang keluarga. Sebaiknya kita pahami makna sebuah keluarga.
Pasti kalian pernah berfikir, Apakah Arti Keluarga bagiku???
Secara umum Keluarga dapat diartikan sebagai unit terkecil dalam masyrakat yang tercipta karena hubungan darah, hubungan perkawinan dan pengangkatan, yang tekumpul dan tinggal dalam suatu lingkungan yang setiap anggota saling berinteraksi serta didalam perannya masing-masing . Tapi kalau menurut saya keluarga merupakan orang-orang yang teramat dekat, tempat kita saling berbagi, tempat kita saling memberi, tempat kita berkorban, dan juga tempat kita menumpahkan fitrah kita sebagai manusia. Walaupun begitu, pasti setiap orang memiliki pndapat masing-masing tentang itu.
Membicarakan sebuah keluarga, pastinya keluarga mempunyai fungsi . Jika kalian mencari di Mbah Google pasti akan menemukan banyak sekali fungsi keluarga. Seperti :
a) Fungsi Pendidikan, yaitu dimana keluarga khususnya orang tua dapat mendidik keturunan mereka supaya mempersiapkan kedewasaan dan masa depan mereka.
b) Fungsi Sosialisasi, yaitu dimana keluarga dapat berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.
c) Fungsi Perlindungan, yaitu dimana keluarga dapat melindungi anggotanya agar terasa terlindung dan aman.
d) Fungsi Perasaan, yaitu dimana keluarga dapat memahami perasaan setiap anggotanya saat mereka berkomunikasi dan berinteraksi.
e) Fungsi Agama, yaitu dimana keluarga dapat menuntun anggota lainnya untuk menanamkan keyakinan yang menagatur kehidupan kini dan kehidupan lain setelah di dunia.
f) Fungsi Ekonnomi, yaitu dimana keluarga khususnya orang tua dapat mencari pengahasilan dan mengaturnya sehingga dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.
g) Fungsi Rekreatif, yaitu dimana setiap anggota keluarga dapat menciptakan suasana yang menyenangkan.
h) Fungsi Biologis, yaitu dimana setiap keluarga meneruskan keturunan sebagai generasi selanjutnya.

Itulah beberapa fungsi keluarga yang sudah saya ringkas dari Mbah Google, Mungkin masih banyak lagi fungsi lainnya. Tapi dalam hal ini saya mempunyai pendapat sendiri. Keluargalah yang memberi spiritku dan semangat untuk terus berjuang dalam menjalani kehidupan. Keluargalah tempatku kembali mengisi energi jiwa setelah diserap kerasnya dunia. Keluargalah tempatku bercerita dan membantuku saat mendapat kesulitan serta masalah. Keluargalah memberiku sebuah jawaban atas pertanyaan sederhana yang tak mudah menjawabnya “Untuk apa aku hidup? Apa tujuan ku hidup? Mengapa aku memilih Agamaku?”. Di keluarga inilah aku menemukan hakikat hidup, tujuan dan agamaku. Keluarga merupakan harta yang paling berharga.
Harta yang paling berharga adalah keluarga
Istana yang paling indah adalah keluarga
Puisi yang paling bermakna adalah keluarga
Mutiara tiada tara adalah keluarga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar