Minggu, 31 Oktober 2010

Gunadarma merupakan salah satu Universitas Swasta yang cukup terkenal di Indonesia bahkan sampai keluar negeri. Pada awalnya Gunadarma berupa yayasan. Yayasan Pendidikan Gunadarma didirikan pada tahun 1981. Dengan awalnya hanya membuka pendidikan komputer yang disebut Ilmu Komputer Program Pendidikan yang selanjutnya berubah menjadi Indonesia Ilmu Komputer & Akademi, dan kemudian berubah menjadi Gunadarma Komputer dan Manajemen Informatika High School dan tambahan Gunadarma Ekonomi High School yang akhirnya menciptakan lembaga ini. Dengan usaha yang keras dan tekad yang kuat, yayasan tetap menyesuaikan bentuk institusi pendidikan untuk menjadi Universitas. akhirnya sesuai Surat Keputusan Direktur Jenderal DIKTI No No.92/DIKTI/Kep/1996 tanggal 3 April 1996 tentang penggabungan Gunadarma Komputer, Manajemen Informatika High School dan Gunadarma Ekonomi SMA menjadi Universitas Gunadarma.

Untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam menjalankan studi di Universitas Gunadarma, Gunadarma menyiapkan layanan berupa Student Site. Apa itu Student Site???
Student Site merupakan fasilitas berbasis web yang yang di peruntukan bagi mahasiswa Gunadarma. Web ini berguna untuk mengetahui informasi yang ada di Gunadarma. Dalam Student Site terdapat fitur-fitur antara lain :

a). Locker
Locker ini berguna untuk mengetahui kabar terkini tentang Universitas Gunadarma saat kita Login ke dalam Student Site.
b). Email
Fitur ini berfungsi sebagai email di Universitas Gunadarma. Layanan yang tersedia di sini hampir sama dengan fitur yang ada di provider lainnya.
c). Calender
Calender berfungsi untuk mengetahui tangal-tangal penting di Universitas Gunadarma. Selain itu mahasiswa juga dapat mengatur jadwal hariannya selayaknya agenda.
d). Addressbook
Addressbook berfungsi untuk menyimpan kontak seseorang bahkan alamat emailnya. Jadi saat kita butuh dengan orang tersebut, kita akan mudah untuk menghubunginya.
e). InfoLog
InfoLog berfungsi sebagai tempat melihat kegiatan apa saja yang telah kita lakukan selama masa perkuliahan. Bisa berupa tugas, tulisan dan lainnya yang sudah dikirim.
f). File Manager
File Manager berfungsi untuk memanejemen file-file kita saat masa perkuliahan. Tetapi anehnya sampai saat ini fitur ini salau error dan tidak dapat dibuka.
g). Forum
Forum berfungsi sebagai tempat bertukar pikiran maupun hanya untuk berbincang-bincang seputar hal-hal ataupun topik yang sedang terjadi di Universitas Gunadarma.
h). Bookmarks
Bookmarks berfungsi sebagai penyimpan alamat situs atau web yang sering kita kunjungi agar memudahkan kita untuk dapat mengunjunginya di kemudian hari.
i). Polls
Polls berfungsi untuk melihat dan menjawab surver ataupun polling yang tersedia sebelumnya.
j). SingOut
SingOut berfungsi untuk keluar dari layanan Student Site ini.

Itulah beberapa Layanan yang anda temukan saat masuk ke dalam Student Site. Tetapi Student Site ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan layaknya situs-situs lainnya, yaitu:
Kelebihan
a. Praktis dalam menerima informasi dalam masa perkuliahan
b. Tampilan mudah untuk dimengerti
c. Fleksibel, karena dapat di buka di mana saja
d. Fitur-fitur yang tersedia lumayan lengkap
Kekurangan
a. Banyak error pada sebagian Fitur yang menyebabkan fitur tersebbut tidak dapt di buka
b. Pada Addressbook terdapat konntak-kontak yang tidak di kenal
c. Kadang-kadang layanan Student Site ini tidak dapat dimasukin atau di buka. Sehingga menyulitkan mahasiswa dalam mengupload tugas-tugasnya.

Demikian sekilas tentang Universitas Gunadarma dan sebagian fitur yang di sediakan Gunadarma. Semoga Universitas Gunadarma akan memperbaiki kekurangan yang ada dan lebih meningkatkan Layanannya.

http://gunadarma.ac.id
http://studentsite.gunadarma.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar