Minggu, 11 Maret 2012

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang hal-hal yang berhubungan dengan WEB. Ini merupakan tugas softskill pertama saya pada semester empat dalam mata kuliah Pengantar Web Science.  Web merupakan singkatan dari Website atau Situs yang berarti merupakan kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink). Pada awalnya web terdengar asing bagi masyrakata pada umumnya, tetapi seiring berkembangnya teknologi. Saat ini semua orang bahkan sering menggunakan web dalam kehidupan sehari-hari.  Tapi untuk mengetahui bagaimana WEB itu ada, pastinya kalian ingin tau kan bagaimana sejarah web itu dan bagaimana arsitektur web serta jenis-jenis web.


Sejarah Web
Sejarah web dikembangkan pertma kali oleh Sir Timothy John Tim Berners-Lee, hanya saja pada saat itu web masih berjalan tanpa terhubung pada jaringan. Web semakin populer ketika mulai terhubung pada jaringan internet yaitu sekitar akhir tahun 80-an. Saat suatu laboratorium CERN yang berlokasi di kota Geneva, Swiss menyatakan bahwa web bisa diakses melalui jaringan dan dimiliki oleh siapa saja.
Sejarah web juga berkaitan dengan sejarah perkembangan teknologi komputer. Karena pada awal nya tampilan web masih sangatlah sederhana. Yang hanya menampilkan nomor yang menghubungkan antara satu halaman kehalaman lain. Pada saat itupun, teknologi web dikembangkan dan berjalan pada sistem informasi Unix. Masih sangat jarang yang enggunakan teknologi windows. Walaupun ada , teknologi windowns masih sangat jarang ditemui.

Arsitektur Web
Arsitektur Website merupakan suatu pendekatan terhadap desain dan perencanaan situs yang, seperti arsitektur itu sendiri, melibatkan teknis, kriteria estetis dan fungsional. Seperti dalam arsitektur tradisional, fokusnya adalah benar pada pengguna dan kebutuhan pengguna. Hal ini memerlukan perhatian khusus pada konten web, rencana bisnis, kegunaan, desain interaksi, informasi dan desain arsitektur web. Untuk optimasi mesin pencari yang efektif perlu memiliki apresiasi tentang bagaimana sebuah situs Web terkait dengan World Wide Web. Setiap arsitektur pastinya mempunyai komponen-komponen yang saling terkait. Dan pada  Arsitektur web yaitu : 
a. HTTP (Hypertext Transfer Protocol)
Merupakan suatu protokol yang digunakan oleh World Wide Web. HTTP mendefinisikan bagaimana suatu pesan bisa diformat dan dikirimkan dari server ke client. HTTP juga mengatur segala aktivitas yang harus dilakukan oleh web server dan web browser sebagai respon atas perintah-perintah yang ada pada protokol HTTP ini.
b. HTML (Hyper Text Markup Language)
Merupakan bahasa markup yang terdiri dari serangkaian tag markup yang mampu menggambarkan sebuah halaman web. HTML tidak tergolong kedalam sebuah bahasa pemrograman,
c. HTML Markup Tag (Tag HTML)
Merupakan kata kunci yang diapit oleh sudut kurung. Tag HTML biasanya berpasangan seperti dan, tag disebut tag awal/pembuka dan tag akhir/penutup cirinya ditambahkan tanda garis miring.
d. Dokumen HTML
Yang berisi serangkaian tag HTML kemudian diterjemahkan oleh web browser (internetexplorer, mozilla firefox, dll.) untuk selanjutnya ditampilkan dalam bentuk halaman web, artinya apabila dokumen HTML sudah dibuka oleh web browser tidak lagi tampil tag-tag htmlnya melainkan sudah sebagai halaman web.
e. URL (Uniform Resource Locator)
digunakan dengan software browser untuk menempatkan dan mengakses informasi di World Wide Web. URL terbagi menjadi beberapa bagian atau dikenal dengan istilah http:// domain/path/filename, atau disebut pula metode akses - lokasi komputer - lokasi file. 
f. XML
Yang bukanlah pengganti HTML. Masing-masing dikembangkan untuk tujuan yang berbeda. HTML digunakan untuk menampilkan informasi dan berfokus pada bagaimana informasi terlihat, sedangkan XML mendeskripsikan susunan informasi dan berfokus pada informasi itu sendiri. XML dibutuhkan untuk menyusun dan menyajikan informasi dengan format yang tidak mengandung format standard seperti heading, paragraph, table dan sebagainya. Sama dengan HTML, file XML berbentuk teks sehingga bila diperlukan kita bisa membacanya tanpa memerlukan bantuan software khusus. Hal ini memudahkan pengembang aplikasi yang menggunakan XML untuk mendebug programnya. XML lebih fleksible dibanding HTML dalam hal kemampuannya menyimpan informasi dan data. Pada XML kita bisa menyimpan data baik dalam atribut maupun sebagai isi elemen yang dletakkan diantara tag pembuka dan tag penutup. Kelebihan lain yang dimiliki XML adalah bahwa informasi bisa di pertukarkan dari satu system ke system lain yang berbeda platform. Misalnya dari Windows ke Unix, atau dari PC ke Machintosh bahkan dari internet ke handphone dengan teknologi WAP.
g. XSLT (eXtensible StyleSheet Language Transformation)
Merupakan bagian dari XSL yang dikembangkan sebelumnya. XSL adalah Stylesheet yang khusus dikembangkan sebagai komplemen XML, untuk merubah informasi pada XML ke dalam bentuk lain agar bisa ditampilkan di layar, dicetak di kertas atau didengarkan telinga. 
h. XSLT Processor (Parser)
Merupakan software bantu yang tugasnya menerapkan perintah-perintah dalam XSLT pada dokumen sumber XML, dan menghasilkan dokumen keluaran baik berupa HTML, Text file ataupun XML. 
i. JavaScript
Merupakan bahasa pemrograman berbasis prototipe yang berjalan disisi klien. Jika kita berbicara dalam konteks web, kita dapat memahami JavaScript sebagai bahasa pemrograman yang berjalan khusus untuk di browser atau halaman web agar halaman web menjadi lebih hidup. Secara fungsional, JavaScript digunakan untuk menyediakan akses script pada objek yang dibenamkan (embedded). 
j. AJAX (Asynchronous JavaScript and XMLHTTP ). 
Merupakan teknik implementasi terpopuler saat ini dari pemrograman JavaScript. Teknik ini sering digunakan oleh aplikasi berbasis web seperti Gmail, Google Reader, dan lain lain. Teknik yang membuat pertukaran data antara server dan browser terjadi di belakang layar sehingga interaksi antara user dan aplikasi web semakin responsif. Asynchronous Javascript And XML (AJAX) suatu teknik pemrograman baru dalam dunia web yang sedang digemari, karena akses data ke server yang dikirim melalui client via web dapat lebih cepat, karena tidak perlu melakukan proses loading. AJAX juga dapat diintegrasikan dengan server side programming seperti PHP, ASP, JSP, dll.

Macam-macam Web
Secara umum , website terdiri dari dua macam yaitu website statik dan web dinamis.
1. Web Statik
adalah salah satu bentuk website yang isi di dalamnya tidak perlu di update secara berkala, dan biasanya di maintainance secara manual oleh beberapa orang yang menggunakan software editor. Ada Tiga tipe kategori software editor yang biasa dipakai untuk tujuan maintaining ini, mereka adalah : 
a. Elemen 1 Penyunting teks.
Contohnya adalah Notepad atau TextEdit, dimana HTML diubah di dalam program editor tersebut. 
b. Elemen 2 WYSIWYG editor.
Contohnya Microsoft Frontpage dan Macromedia Dreamweaver, dimana situs di edit menggunakan GUI (Graphical User Interface) dan format HTML ini secara otomatis di generate oleh editor ini.
c. Elemen 3 Editor yang sudah memiliki template.
contohnya Rapidweaver dan iWeb, dimana, editor ini membolehkan user untuk membuat dan mengupdate websitenya langsung ke server web secara cepat, tanpa harus mengetahui apapun tentang HTML. Mereka dapat memilih templat yang sesuai dengan keinginan mereka, menambah gambar atau obyek, mengisinya dengan tulisan, dan dengan sekejap mereka sudah dapat membuat situs web tanpa harus melihat sama sekali kode-kode HTML.

2. Web Dinamis
adalah website yang diperbaharui secara berkala, informasi di dalamnya berubah, atau website ini bisa berhubungan dengan user dengan berbagai macam cara atau metode (HTTP cookies atau Variabel Database, sejarah kunjungan, variabel sesi dan lain-lain) bisa juga dengan cara interaksi langsung menggunakan form dan pergerakan mouse. Ketika web server menerima permintaan dari user untuk memberikan halaman tertentu, maka halaman tersebut akan secara otomatis di ambil dari media penyimpanan sebagai respon dari permintaan yang diminta oleh user. Sebuah situs dapat menampilkan dialog yang sedang berlangsung di antara dua user, memantau perubahan situasi, atau menyediakan informasi yang berkaitan dengan user.

Bahasa (Aplikasi Web)
Aplikasi Web adalah suatu aplikasi yang diakses menggunakan penjelajah web melalui suatu jaringan seperti Internet atau intranet. Dan juga merupakan suatu aplikasi perangkat lunak komputer yang dikodekan dalam bahasa yang didukung penjelajah web. Bahasa pemograman berbasis web sudah sangat familiar di kehidupan kita. Contohnya seperti HTML, JavaScript, AJAX, Java, dan sebagainya. Banyak software yang berbasis pembuatan web seperti frontpage , Dreamweaver, dan Joomla yang databasenya menggunakan PHP dan MySql. Ada beberapa struktur pemahaman tentang bahasa pemograman yang berbasis Web yang digunakan dalam pembuatan suatu website maupun Blog yang harus dipahami dasar-dasarnya dan bergantung pada penjelajah tersebut untuk menampilkan aplikasi. Aplikasi web menjadi populer karena kemudahan tersedianya aplikasi klien untuk mengaksesnya, penjelajah web, yang kadang disebut sebagai suatu thin client (klien tipis). Aplikasi web yang umum misalnya webmail, toko ritel daring, lelang daring, wiki, papan diskusi, weblog, serta MMORPG. Berikut merupakan bahasa pemrograman yang berbasis Web:
1. Bahasa Pemrograman HTML
2. Bahasa Pemrograman PHP
3. Bahasa Pemrograman Javascript
4. Bahasa Pemrograman CSS
5. Bahasa Pemrograman CFM
6. Bahasa Pemrograman ASP
7. Bahasa Pemrograman XML
8. Bahasa Pemrograman WML
9. Bahasa Pemrograman PERL
10. Bahasa Pemrograman CGI

Referensi :
- http://id.wikipedia.org/wiki/Situs_web
- http://www.anneahira.com/sejarah-web.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar