Rabu, 16 November 2011

Hacker memiliki Manifesto dan kode etik yang menjadi patokan bagi hacker di seluruh dunia. Seorang Hacker yang bernama The Mentor pernah menulis sebuah dokumen yang bernama, “The Conscience of a Hacker “ yang berarti “Hati Nurani Seorang Hacker”. Berikut cuplikan yang sering disebut “Manifesto Hacker” itu :


“Inilah dunia kami, dunianya elektron dan switch, keindahan sebuah baut. Kalian menyebut kami penjahat, karena kami mendayagunakan sebuah system yang telah ada tanpa membayar, yang bisa jadi biaya tersebut sangatlah murah jika tidak dikuasai  oleh orang-orang rakus. dan kalian sebut kami criminal. Karena kami gemar menjelajah. Kalian sebut kami penjahat, karena kami mengejar ilmu pengetahuan. Kami hadir tanpa perbedaan warna kulit, kebangsaan ataupun prasangka keagamaan, dan kalian sebut kami penjahat.

Sedangkan  kalianlah yang membuat bom nuklir, mengorbarkan peperangan, membunuh, berlaku curang, berbohong dan berusaha meyakinkan kami bahwa semua itu demi kebaikan kami. Ya, aku memang seorang penjahat. Kejahatanku adalah rasa keingintahuanku. Kejahatanku adalah karena menilai orang lain dari apa yang mereka katakan dan pikirkan, dan bukan berdasarkan penampilan mereka. Kejahatanku adalah menjadi lebih pintar dari kalian, sesuatu yang tak akan kalian maafkan. Aku memang seorang hacker, dan inilah Manifestoku. Kalian bisa saja menghentikanku, tetapi kalian tak mungkin menghentikan kami semua. Bagaimanapun juga, kami semua sama yaitu senasib seperjuangan".

The Mentor, 1996

Tidak ada komentar:

Posting Komentar