Minggu, 30 Oktober 2011

Komunikasi Data  adalah proses pengiriman dan penerimaan data atau informasi dari dua atau lebih device (alat seperti komputer, laptop, printer dan alat komunikasi lain) yang terhubung dalam sebuah jaringan baik lokal maupun yang luas yaitu  internet.

Suatu sistem komunikasi komputer dapat dirancang sedemikian rupa sehingga memudahkan sehingga memudahkan segenap personel dalam organisasi merasa mudah dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Selain itu, bentuk komunikasi data ini juga sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi komunikasi data secara umum yang terus berkembang dengan pesat.
Sistem komunikasi data dapat dimulai dengan sistem yang sederhana, seperti misalnya jaringan akses terminal, yaitu jaringan yang memungkinkan seorang operator mendapatkan akses ke fasilitas yang tersedia dalam jaringan tersebut. Operator bisa mengakses komputer guna memperoleh fasilitas, misalnya menjalankan program aplikasi, mengakses database, dan melakukan komunikasi dengan operator lain. Dalam lingkungan ideal, semua fasilitas ini harus tampak seakan-akan dalam terminalnya, walaupun sesungguhnya secara fisik berada pada lokasi yang terpisah.

Pada dasarnya ada dua jenis sistem komunikasi data yaitu Off-line Communication System (Sistem Komunikasi Offline) dan On-line Communication System (Sistem Komunikasi Online).
Off-line Communication System
Bentuk sistem komunikasi data offline ini merupakan bentuk sistem komunikasi data yang kuno. Bentuk sistem komunikasi data ini hadir saat komputer pusat atau server belum secanggih saat ini. Pada sistem ini, pemrosesan data harus diantrikan melalui proses batch sehingga komputer pusat dapat memrosesnya. Dalam sistem ini, data-data dimasukkan lewat terminal kemudian ditranmisikan unuk direkamkan pada disket atau pita magnetik, atau hardisk, terlebih dahulu untuk kemudian diantrikan untuk diproses oleh komputer pusat, sehingga dapat dikatakan bahwa pemrosesan langsung dilaksanakan oleh komputer pusat (offline).
On-line Communication System 
Sistem komunikasi data online ini merupakan perkembangan dari sistem komunikasi data offline dimana pada sistem ini data ditranmisikan akan langsung diproses oleh komputer pusat. Hal ini dimungkinkan karena perkembangan teknologi komputer yang sangat pesat sehingga komputer pusat atau server cukup cepat dan cukup kuat untuk melakukan pemrosesan yang diminta oleh seluruh workstation yang asa dala jaringan. 
Sistem Komunikasi  Online ini dapat berupa:
• Realtime system
• Batch Processing system
• Time sharing system
• Distributed data processing system

Referensi :
- e-Commerce Oleh Adi Nugoroho
- http://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi_data
- http://tentang-teori-komunikasi.blogspot.com/2009/02/bentuk-bentuk-komunikasi-data.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar